Laman

Kamis

Dalam "Jam Lemes" Salvador Dali






"La persistencia de la memoria" (The Persistence of Memory),

Lukisan karya Salvador Dali (1931) ini pertama kali ane liat di sebuah cover LKS (Lembar Kerja Siswa) kepunyaan ane waktu sekolah. Saat itu blom tau kalo gambar ini adalah sebuah karya lukisan yang cukup terkenal, yang ane cuman tau ini gambar "jam lemes", klo ane denger orang bilang "jam karet" maka tergambar di kepala ane ya lukisan ini.

Coba liat objek-objek lukisannya, ada 3 buah jam meleleh, ada ranting pohon yang berdiri di atas sebuah bidang kubus, ada arloji dikerubutin semut-semut, lalu yang ditengah... dulu ane kira itu gambar kepala bebek tidur tapi ternyata itu nampak seperti sepotong wajah yang memejamkan mata liat dengan alis-alisnya yang terjurai, lalu landscape background sebuah pegunungan disisi laut/danau yang konon memang ada aslinya di Spanyol.

Ane ngga tau pasti arti dari lukisan ini, yg ane pernah baca ini adalah mimpi Salvador Dali yang dituangin diatas kanvas.

klo ane mekirin lukisan ini :
"ironi"

klo berhubungan dengan jam, berhubungan dengan waktu, waktu yang digambarkan betapa angkuh dan sombong berjalan tanpa memperdulikan manusia, mau lagi senang kek, mau lagi sedih kek, mau sedang beramal baik kek, mau sedang beramal buruk kek, mau hidup atau mati, teruuuus waktu berjalan konsisten dari zaman ke zaman merekam semua kejadian. dan Allah yang menciptakan waktu bersumpah demi waktu dalam firmannya.

Inget kata2 habibana Munzir Almusawa dalam tausyiahnya ,"dalam sedetik berjuta-juta kejadian terjadi diseluruh penjuru bumi dan langit" Subhanallah.

Salvador Dali melukiskan betapa lemes dan terkulainya sang waktu, entah makna terdalamnya apa?

apa mungkin "menunggu" sesuatu itu bisa melemaskan waktu... Wallahu'alam

apa yang ada di pikiran ente tentang lukisan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar