Laman

Kamis

Caleg Rustang VS Caleg Muslih

Beberapa saat lagi pemilu menjelang, atribut-atribut parpol dipasang seliweran dimana-mana, kampanye-kampanye terang-terangan dah dimulai. "Ini pesta demokrasi bang..!! setiap warga negara wajib ikut andil untuk meriahin ni moment.. saat nya indonesia bangkit...", kata seorang warga yg ga mw disebut namanya, "guna'in hak suara anda dengan bijak..." orang tersebut langsung caw setelah dibisikin kawannya bahwa ada pembagian "jatah" dari tim koordinir salah satu parpol yang juga ga mw dipublikasikan saat klo lagi beginian.

Ada cerita disalah satu daerah sebut aja daerah Kebon Jengkol, sebagai daerah yang tercatat pada administratif wilayah negara yang sah ,ehmm..., dan mengacu pada undang-undang nomor sekian pasal sekian ,ciee.., maka daerah ini tiap-tiap warganya yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam peraturan anu nomor sekian tanggal sekian tentang ,....hoaach cape..., DIWAJIBkan untuk memberikan hak pilihnya. Tercatat beberapa jumlah caleg dari sekian parpol dari tempat ini. Para calegers tersebut lagi pada giroh-girohnya dan lagi royal-royalnya ngopenin masyarakat. Terdapat dua tokoh caleg yang dari awal resmi jadi caleg udah saing-saingan ataw be'geng-gengan kata orang situnya bilang. Dua tokoh ini menyedot perhatian masyarakat dan menjadikan keduanya sebagai kandidat the best fighther of event, calegers yang lainnya lewaaattt.. jadi anak bawang aja. Awal-awal sebelom rame caleg-calegan sih konon kabarnya mereka tuh temen akrab, satu perjalanan, tukang bareng ngobyek, temen segantet kaya pisang dempet. Sekarang malah kebalikannya jadi rival-serival-rivalnya, demi ketenaran nama dan demi suara massa persahabatan bisa jadi ancur. Sebut aja namanya Caleg Muslih (musti dipilih) trus yang satu lagi namanya Caleg Rustang (harus dicentang), padahal mereka berada dibawah satu partai sebut aja Partai Gajah Duduk, dinamakan begitu bukan karena coraknya kaya sarung tetapi karena kekuasaan partai tersebut kokoh ibarat gajah klo udah duduk ga ada yang kuat bangunin atau lengserin kecuali diperintah pawangnya atau ibarat akar pohon rindang klo dah ketanem susah dah dicabut karena akar-akarnya menjalar kemana-mana.

Dewan penasehat Partai Gajah Duduk malah bergembira dengan perseteruan kedua caleg tersebut karena hal itu sangat menguntungkan partai. Masyarakat daerah Kampung Jengkol gemar melihat perseteruan dua tokoh tersebut karena dua tokoh tersebut royalnya bukan main... berapa banyak dana yang dikeluarkan untuk sekedar menarik perhatian dengan diiming-imingi janji-janji bila menang nanti maka... bila kepilih nanti maka... ,halusnya, bila nanti saya diberikan amanat yang berat ini maka saya... seribu satu janji... sungguh kreatif. Baleho-baleho saling bongkar pasang... pamflet-pamlet timpa-timpaan... ingat nomor sekian pilih saya... centang dikiri nama saya... . Dicantumkan bererot title panjang-panjangan menghiasi nama agar berkesan intelek, dari Havard, Oxford sampe sekolah di puun bambu pun yang gurunya rebung asal bisa dapet title lantas dipasang. Tim sukses sebagai para ahli propaganda disebarkan disudut-sudut hotspot kaya warung kopi, tukang sayur, majelis ta'lim sampe pos hansip walau tim sukses di tiap caleg tersebut dia-dia juga orangnya. ngga kalah sensasional di tiap poster dipajang foto bersama tokoh tertentu dari Kyiai, Tokoh politik, Centeng pasar sampe Merbot Musholah dipasang dengan senyum merangkul hangat.

Masyarakat Kebon Jengkol sebenernya ngga masalah sama perseteruan para caleg, tapi masyarakat masih belom bisa nentuin mana orang-orang yang sebaiknya musti dipilih apalagi kalo lakonnya kaya begini. Biar kata masyarakat terlihat ga punya pendirian saat musim kampanye gini tapi sebenernya mereka kritis dalam menyikapi penentuan saat d'day pemilihan nanti. Soalnya ini bukan Gocap atau Sepe'ceng dapet kaos sekali jalan tapi ini nentuin nasib daerahnya di tangan para caleg nanti, bahkan nasib bangsa untuk lima tahun kedepan.

Warga Kebon Jengkol sebagai masyarakat agamis masih manut-manut atau masih megang omongan dan sikap orang yang dipercaya sebagai tokoh masyarakat. Maka warga minta pendapat kepada seorang Kyai terkenal bijak di daerah seantero Kebon Jengkol perihal caleg mana yang musti dipilih atau dicentang. Nah yang jadi pertanyaan warga.. ini Kyai nemplok aja fotonya di gandeng setiap caleg, karena hal tersebut perwakilan warga langsung bertandang kerumah Pa' Kyai untuk mengklarifikasi. Warga menanyakan sebenernya Pa' Kyai dukung siapa sih kok fotonya disono ada disitu ada. Dengan enteng dia jawab "Ane dukung yang bener-bener mao ngejalanin amanat rakyat dan nyang penting lagi dia taat agame, soal foto mah ama sapa aaaja.. masa mau difoto ane tutup muke". Warga bener-bener makin bingung "trus antara Rustang sama Muslih gimana Pa' Kyai warga kepatok sama dua orang ntuh soalnye dah ampir sebulan warge ngisiin pendaringan ama beras mereka, ga enak ntar klo ga milih salah satu dari mereka...". Pa' Kyai meminta dipanggilkan dua calegers itu untuk dateng. Karena diminta dateng oleh sang tokoh masyarakat, mereka sigrah langsung hadir. Pa' Kyai bertanya kepada dua calegers tersebut disaksikan oleh warga "Tang.. Lih.. kira-kira lo ikhlas kaga ngasih sembakoan sama warga tapi andaikan ntar ada warga yg ga milih diantara lo bedua pegimane...?". dengan serentak mereka ngajawab.."Ikhlas pa Kyaii....." si Rustang dan Muslih ngelanjutin "iya ini demi kemaslahatan warga..demi blablablablabla..." sampai pada visi dan misi mereka masing-masing, sungguh ga ada kesempatan yang terlewat untuk berkampanye. Pa'Kyiai ngelanjutin "ya udah ntar jangan kecewa ye klo suara warga buat ente-ente dikit". Rustang angkat bicara "mana mungkin pa' kyai masa bisa dikit...", Muslih ngikut "iya pa kyai warga dah ngerti dah mana yg musti dipilih..". Pa Kyai kasih nasehat buat ni caleg-caleg "ente2 jangan takebur, warga bingung nih sama kelakuan ente berdua mau jadi penyampai aspirasi apa cari kekuasaan.. klo perilakunya saling jatoh-jatohin satu sama laen.., lakuin kampanye yang sehat donk, dibarengin sama nawaitu yang bae, bener-bener untuk kesejahteraan masyarakat... apa lagi ente bedua satu payung... duduk deh bareng-bareng tuk ngejagain dan ngebangun ini daerah Kebon Jengkol biar harum namanye kaye bau semurnye..". Warga senyam-senyam denger nasehat Pa'Kyai. Sementara kedua caleg itu senyum-senyum ga pake senyam, nyadarin klo naehat Pa'Kyai ngeresep dihati dan emang seharusnya begitu lantas mereka berjabat tangan dan berjanji siapapun yang terpilih maka mereka harus saling bantu membantu demi ngebangun daerahnya, bahkan dengan caleg dari parpol manapun. Akhirul cerita warga Kampung Jengkol dah siap untuk melunasi hak-haknya pada pemilihan nanti tanpa paksaan, intimidasi, rayuan maut, serta utang budi.

Indahnya kebersamaan bila saling bahu membahu membangun bangsa. lanjutkan... up's...


*dikarang oleh -lukman- di malem Kemis libur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar